BNI Dukung Kopi Lokal Tembus Pasar Global Lewat Specialty Coffee Expo 2025

BNI Xpora menampilkan kopi nusantara dalam ajang Specialty Coffee Expo (SCE) 2025 ydi Brown Convention Center, di Houston, Texas, Amerika Serikat (AS), pada 25-27 April 2025. (Ist)

NASIONAL – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) melalui program Xpora kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung produk lokal menembus pasar internasional. Kali ini, BNI membawa kopi unggulan Indonesia tampil di ajang Specialty Coffee Expo (SCE) 2025 yang berlangsung di Brown Convention Center, Houston, Texas, Amerika Serikat, pada 25-27 April 2025.

Salah satu peserta yang diusung dalam ajang bergengsi tersebut adalah PT Alko Sumatra Kopi, produsen kopi asal Gunung Tujuh, Kerinci, Jambi, yang telah berdiri sejak 2014. Perusahaan ini membina ratusan petani di lebih dari 20 desa untuk menghasilkan kopi berkualitas tinggi.

Corporate Secretary BNI, Okki Rushartomo, menyampaikan bahwa keikutsertaan Alko Sumatra Kopi di SCE 2025 adalah bentuk nyata komitmen BNI dalam memperluas akses pelaku usaha lokal ke pasar internasional.

“Momentum ini menjadi panggung strategis bagi Indonesia untuk memperkuat citra dan daya saing kopi lokal di pasar premium Amerika Utara dan global,” ujar Okki dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (1/5/2025).

Ajang SCE 2025 diikuti oleh 649 peserta dari berbagai negara, mulai dari petani kopi, eksportir, roaster, barista, peneliti, hingga pelaku usaha ritel. Dalam pameran tersebut, Alko Sumatra Kopi mencuri perhatian dengan berhasil menjalin beberapa kesepakatan ekspor.

Salah satu konsumen dari Dubai menyatakan minat membeli kopi robusta dari Alko. Selain itu, sebuah roastery di Houston juga sepakat untuk menjalin kerja sama pembelian. Tak hanya itu, pembeli eksisting juga meminta tambahan pasokan kopi hingga akhir tahun 2025. Estimasi total nilai transaksi mencapai USD 4 juta.

CEO Alko Sumatra Kopi, Suryono, memastikan bahwa seluruh proses budidaya kopi yang dilakukan perusahaannya tidak merambah ke kawasan hutan lindung. Ia juga menyoroti keunggulan Alko dalam hal transparansi rantai pasok berkat teknologi berbasis blockchain.

“Inovasi ini meningkatkan kepercayaan pasar internasional terhadap kopi Indonesia. Konsumen dapat melacak asal-usul kopi hanya dengan memindai QR code,” jelas Suryono.

Melalui pilar “Go Global”, BNI Xpora terus memperluas akses pelaku UMKM lokal untuk menjangkau pasar dunia. Inisiatif ini memperkuat peran BNI sebagai akselerator pertumbuhan usaha kecil dan menengah, bukan sekadar sebagai lembaga keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *